Tips Dan Cara Ternak Lovebird Koloni Bagi Pemula

Banyak sekali sumber informasi yang menjelaskan mengenai cara ternak lovebird koloni bagi pemula dimana mana. Memang hal tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan oleh siapa pun pada dasarnmya. Namun sayangnya kebanyakan orang yang melakukan ternak lovebird secara koloni masih memiliki informasi yang kurang tepat atau salah. Sebenarnay tanpa adanya informasi pun sudah bisa melakukan peternakan lovebird denagn sangat baik jika menggunakan perasaan. Unutk bertenak secara koloni sendiri adalah suatu hal yang sangat memungkinkan unutk dilakukan pada burung lovebird karena lovebird adalah burung yang mampu tinggal dengan burung yang lainnya. Terlebih lagi sangat jarang sekali ada kasus burung lovebird yang saling memperebutkan daerah kekuasaan.


            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai cara ternak lovebird secara koloni tersebut.Salah satunya adalah dengan memberikan kandnag yang cukup luas. Tujuannya agar terdapat ruang gerak bagi lovebird tersebut dan juga agar para lovebird tersebut tidak merasa stress. Selain itu di dalam  kandnag besar tersebut juga harus diberikan rumah rumahkan burung yang sesuai dengan jumlah pasangan yang ada. Fungsinya agar dapat digunakan bertelur suatu saat nanti. Memang musim kawin burung lovebird tidak dapat diprediksi, tetapi jika sudah ada tempat bertelur akan menjadi lebih memudahkan bagi para peternak. Jangan lupa juga untuk memberikan tempat bertengger agar burung dapat melompat kesana kemari.

            Selain itu ada hal lainnya yang harus diperhatikan sepertihalnya pakannya. Memang memelihara secara koloni akan terjadi perebutan pakan. Hal tersebut sangatlah wajar. Namun dapat diatasi dengan memberikan pakan di berbagai spot spot tertentu. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi perebutan yang terlalu ramai. Jangan lupa untuk melebihkan pakan yang ada karena jika burung lovebird tersebut telat makan maka akan sangat mudah sekali terkena penyakit. Memang lovebird adalah burung yang jarang sekali sakit, tetapi jika sekali terkena penyakit maka pada akhirnya burung tersebut akan mati dengan mudah. Maka dari itu agar tidak terjadi hal tersebut dan menyebabkan kerugian sebaiknya aturlah pembagian pakan dengan sangat baik.