Pempek Palembang Malang Tak Kalah Lezatnya

Pempek Palembang sudah sangat terkenal hingga ke berbagai kota, salah satunya adalah pempek palembang malang. Meskipun bukan merupakan kota tempat asal munculnya pempek, namun kota malang memiliki beberapa kuliner pempek yang tak kalah enaknya dengan pempek yang berada di palembang asli. Hal ini semakin menunjukkan bahwa pempek palembang memiliki cita rasa yang begitu lekat di masyarakat, yang dibuktikan dengan maraknya produksi pempek di daerah-daerah yang tidak berdekatan dengan kota palembang.

Lidah orang Indonesia kebanyakan menyukai rasa pedas yang tinggi, sehingga sangat wajar bila pempek ini berada dalam salah satu daftar makanan faforit di Indonesia. Di Malang pun, pempek palembang juga memiliki rasa pedas yang khas. Sebenarnya rasa lezat yang dimiliki pempek palembang yang ada di malang bukanlah menggunakan resep pempek malang, melainkan tetap menggunakan resep pempek palembang yang dijaga secara turun-temurun. Hal ini mungkin didukung oleh beberapa orang palembang asli yang mahir dalam meracik resep pempek, dan kemudian memutuskan untuk pindah ke malang maupun sengaja membuka bisnis pempek di kota Malang. Dengan adanya perluasan seperti ini, tidak mengherankan bila di Malang semakin banyak bisnis yang menjual pempek asli palembang dengan tetap menawarkan kelezatan yang khas dari palembang.


Ada berbagai jenis dan bentuk dari pempek yang berasal dari Palembang dan kemudian dijual di Kota Malang, seperti kapal selam, lenjer, maupun beberapa bentuk yang lain. Namun, seperti apapun bentuknya, yang membuat pempek begitu disenangi masyarakat adalah rasa ikan tengirinya  yang begitu pekat. Rasa pekat bukan berarti membuat pempek ini terasa amis, namun membuat pempek semakin lezat. Dalam pengolahan ikan tengiri untuk pempek ini tentu memiliki cara khusus agar tidak menimbulkan kesan berlebihan di lidah. Sekarang, pempek palembang ini sudah dijual ke berbagai situs secara online, seperti situs pempek.co.id. penjualan secara online ini sebagai bentuk dampak positif dari perkembangan teknologi yang ada di indonesia sekaligus memperkuat budaya kuliner.