Green Coffee Malang Dampit

Banyak macam biji kopi di Indonesia mulai dari arabika, robusta, dan liberika. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai biji kopi masing-masing. Bahkan beberapa kopi dari Indonesia sudah merambah dunia sejak jaman dahulu seperti Aceh Gayo, Bali Pupuan dan masih banyak lagi. Banyak hasil penelitian dari beberapa macam jenis biji kopi tersebut mampu menurunkan berat badan. Terlebih green coffee merupakan biji kopi yang dianggap  mampu menurunkan berat bedan karena kandungan didalamnya terdapat antioksidan yang mampu membakar lemak.Seperti halnya di Malang, Jawa Timur terdapat beberapa macam jenis kopi termasuk green coffee malang dampit.


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terbesar di pulau Jawa memiliki iklim tropis serta dikelilingi beberapa gunung berapi yang masih aktif yang membuat Jawa Timur menjadi daerah subur dan ideal untuk penanaman kopi. Jawa Timur mempunyai beberapa perkebunan kopi diantaranya dataran tinggi Ijen dan dataran tinggi Tengger. Kawasan perkebunan tersebut sebagian besar merupakan dibawah naungan dan dikelola oleh  PTPN XII.Itu menandakan bahwa kopi Jawa Timur merupakan salah satu komuditi terlebih harga green coffee yang menjanjikan.

Dampit merupakan salah satu kecamatan di Kabpuaten Malang yang mempunyai potensi dibidang perkebunan kopi yang sudah lama diakui di tingkat dunia terlebih kopi jenis robustanya. Green coffee dampit ditanam dikaki gunung Semeru yang masuk diwilayah dataran tinggi Tengger dengan ketinggian diatas 900 mdpl. Green coffee Dampit terkenal dengan metode natural process nya. Para petani selalu mempertahankan kualitas produk panennya yang membuat green coffee tetap stabil bahkan cendurung menaik sejalan dengan bertambahnya penyempurnaan hasil panen di setiap panennya.

Jenis kopi robusta sendiri banyak disukai di kawasan Eropa dan Amerika serta tidak sedikit juga penikmat biji kopi robusta di Indonesia. Biji kopi robusta banyak disukai oleh penikmat kopi yang menyukai rasa strong. Kopi robusta dampit juga dapat diolah dengan berbagai poses penyeduhan mulai dari tubruk, v60, hingga espresso.

Harga kopi ijo dapat mudah ditemukan karena banyak distributor seiring dari banyaknya permintaan dari konsumen. Selain di toko banyak juga ditemukan penjual di website jual beli online. Harga setiap kilonya bervariasi disekitar Rp.60.000 per kilo tergantung dari kualitas biji itu sendiri.