Mengenal Lebih Dalam Geotextile Membrane

Apa itu geotextile membrane? Geotextile atau geoteksil merupakan salah satu jenis kain yang memiliki sifat tembus air dan pengguaannya berkaitan dengan tanah. Karena memiliki sifat tembus air, geoteksil memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari pemisah antara material air dan lainnya, sebagai penyaring air, sebagai perlindungan, pengerasan, dan juga penguat. Untuk Anda yang baru saja mendengar geoteksil maka janganlah berpikiran seperti kain yang digunakan untuk bahan fesyen. Geoteksil terbuat dari benang plastik yang memang tembus air dan kegunannya berhubungan dengan tanah atau lebih sering berada di bawah tanah.


Mengenal lebih dalam tentang geoteksil bisa diawali dengan mengenal dua jenisnya. Jenis pertama dari geoteksil adalah geoteksil woven. Geotekstil yang satu ini memiliki bentuk yang keras atau bisa dikatakan mirip seperti karung beras, berwarna hitam, dan kainnya teranyam. Karena bentuknya yang lebih keras, geoteksil woven lebih sering digunakan sebagai pelapsi tanah lunak sebelum di atasnya dilakukan pengerasan. Ya, berbagai pekerjaan yang dilakukan di atas tanah yang lunak perlu sekali menggunakan geoteskil woven agar bisa terhindar dari longsor dan berbagai kerusakan lainnya. Kain keras dan teranyam ini akan bisa membuat tanah yang tadinya lunak akan menjadi lebih stabil dan siap untuk digunakan untuk berbagai macam pembangunan. Yang kedua dari jenis geoteksil adalah Geotextile Non Woven. Bentuknya lebih lunak atau hanya seperti lembaran kain yang tidak teranyam. Berbeda sekali dengan jenis woven yang keras, kain geoteksil non woven lebih memiliki fungsi sebagai penyaring atau juga pemisah. Tentunya, penggunaan geoteksil yang bisa memisahkan air dan partikel tanah ini dapat digunakan untuk berbagai macam hal termasuk untuk drainase bawah tanah.

Lalu, berapakah harga dari geoteksil woven dan non woven? Harga dari geoteksil ini sangatlah beragam karena akan bergantung pada jumlah pembelian dan kualitas yang diberikan. Selain itu, perbedaan penjual juga akan membuat Anda menemukan geoteksil yang sama namun harganya berbeda. Untuk itu, lakukan pencarian geoteksil secara selektif jika ingin mendapatkan yang berkualitas baik namun harganya termurah.